1296393871131056398

Saat  mengaso sejenak dari penatnya perjalanan ke wilayah terpencil, eh masuk sms dari teman Kompasianers yang sama-sama berbintang Virgo….senyam-senyum membaca isinya karena berisi syair dari lagu jadul Ade Manuhutu, padahal dengerin lagu itu aja penulis belum pernah…hehehe..ini lirik lagunya yang membuat diriku tersenyum…

Virgo…
Lambang sifat yang tenang
Virgo…
Tak pernah rasa bimbang
Virgo, virgo, oh…virgo
Virgo, virgo, oh…virgo

Virgo…
Tak pernah tinggi hati
Virgo…
Cintanya tulus suci
Virgo, virgo, oh…virgo
Virgo, virgo, oh…virgo

Berbahagialah engkau
Berbahagialah engkau
Yang mendapatkan kekasih
Bintang ini

Manja dan sayang pastilah
Manja dan sayang pastilah
Akan aku rasakan
S’lama hidupku

Kalau wanita
Pastilah rendah dan lembut
Hatinya
Dan mesra wajahnya
Kalaulah pria
Pasti mudah senyum
Bersahabat
Pada siapa saja

Virgo…
Tak pernah rasa dendam
Virgo…
Mudah ‘tuk memaafkan
Virgo, virgo, oh…virgo
Virgo, virgo, oh…virgo

Virgo….virgo….
Bintang segala bintang
Virgo….virgo….
Bintang segala bintang….

Oooh, itu toh alasan mengapa sahabat ini begitu mengagungkan bintangnya sendiri (hahaha, no offense, bro). Virgo, bintang segala bintang…hmm…lebih jauh lagi akhirnya penulis penasaran ingin tahu apa sejarahnya bintang Virgo ini, akhirnya nemu juga jejak-jejaknya di berbagai situs di internet..woow…banyak juga informasinya dari info ramal meramal, yang serius maupun main-main, sampai informasi lengkap lokasi bintang ini di alam semesta, latar belakang mitologi Yunani dan sains yang cukup rinci bisa kita dapatkan mengenai Virgo ini. Dan secara garis besar zodiak Virgo mempunyai alur sejarahnya seperti ini:

12963936491939669141

Konstelasi Bintang Virgo adalah satu-satunya bentuk manusia perempuan di dalam lingkaran zodiak modern. Di dalam konstelasi Virgo ada beberapa kluster galaksi, galaksi-galaksi ini yang terdekat dengan sistem galaksi Bima Sakti kita

Galaksi adalah sebuah sistem perbintangan yang masiv yang berkumpul bersama. Galaksi seperti Bima Sakti memiliki matahari dan bulan dan juga planet-planet di luar dan di dalam galaksinya sendiri, juga termasuk asteroid, dan bintang-bintang yang tidak terhitung banyaknya. Kalau dilihat-lihat sih, secara manusiawi, bentuk galaksi sendiri sebenarnya masih misteri bagi manusia seperti juga alam semesta itu sendiri.

Virgo, zodiak ke enam dalam sistem perbintangan ini, digambarkan bukan sebagai binatang…hehehe…(maaf ya untuk bintang-bintang yang lain…), satu-satunya konstelasi bintang yang mempunyai simbol manusia, biasanya digambarkan dengan seorang perempuan muda yang memegang sejumput gandum, karena konstelasi Virgo selalu dihubungkan dengan waktu untuk panen.

Legenda Virgo bisa ditemui di Mitologi Yunani tentang penciptaan, yang menceritakan sebelum manusia dan binatang menempati bumi, mahluk raksasa yang disebut Titan memerintah bumi ini. Dua titan bernama Promotheus dan Epimetheus diperintahkan untuk menciptakan manusia dan binatang.

Setelah dilaksanakan, Epimetheus di tugaskan untuk memberikan hadiah yang beragam untuk hewan-hewan itu seperti sayap, cakar dan lain-lain. Ia sangat murah hati sehingga pada saat sampai ke manusia sudah tidak ada lagi yang bisa diberikan…stok habis…sehingga dia minta bantuan pada Promotheus.

Promotheus kembali ke surga dan datang dengan membawa api sebagai hadiah. Ini yang membuat manusia superior terhadap spesies lainnya karena api membuat tetap hangat dan juga mengembangkan perdagangan dan pengetahuan.

Jupiter, bos-nya dewa-dewi marah besar karena rahasia api ini diberikan kepada manusia sehingga ia mengikat

12963940981084156838Promotheus di gunung batu Kaukasus dimana seekor burung elang setiap saat memangsa hati sang titan (duh seremnya..). Ia juga mengirim kutukan ke bumi yang dibawakan oleh wanita pertama bernama Pandora, yang mempunyai arti ‘hadiah dari semua dewa’.Pandora membawa sebuah kotak dimana ia diperintahkan untuk tidak membukanya. Suatu hari karena sangat penasaran, ia membuka kotak itu dan keluarlah wabah mengerikan yang menghantui manusia selamanya yaitu penyakit dan kematian, kemarahan, iri hati dan balas dendam, namun di dasar kotak itu terdapat hal yang tidak pernah dapat keluar dari kotak, yaitu Harapan….selama hari-hari buruk yang mengikuti manusia pada saat itu, satu demi satu dewa-dewi itu meninggalkan bumi kembali ke surga.

Yang terakhir pergi adalah Astraea, dewi kesucian dan kemurnian. Setelah meninggalkan bumi, Astraea ditempatkan di antara bintang-bintang dan menjadi konstelasi bintang Virgo. Legenda berkata, pada saat Golden Age datang kembali, si dewi Virgo akan kembali ke bumi.

Virgo sendiri simbol dari bekerja dan peningkatan harkat diri. Seorang Virgo katanya adalah seorang yang perfeksionis, yang mencari kesempurnaan dalam fakta untuk mengungkapkan kebenaran.

12963938302130025260

Boleh Percaya boleh tidak tentang orang berzodiak Virgo:

Hari keberuntungan: Rabu

Nomor keberuntungan: 5 dan 3

Batu mulia yang cocok: Safir karena membawa ketenangan pikiran

Warna yang istimewa: Biru laut dan abu-abu, warna klasik yang memurnikan

Kota yang cocok ditinggali: Paris, Boston, Los Angeles dan… Palu (hahahaa…maksa)

Negara yang cocok untuk jadi warganegara: Turki, Yunani, Iran…gosh…serem ya? Indonesia tidak termasuk (siap-siap pindah ke Middle East..)

Bunga spesial: Morning glory dan Mawar (nah cocok nih)

Logam yang cocok: Air raksa (cocok memang untuk menggali emas…)

Bahaya: biasanya orang Virgo kadang pemarah dan kesal pada orang lain karena mereka mempunyai tendensi untuk mencampuri urusan orang, sangat suka mengkritik dan emosi jiwa yang sedikit berlebih (hehehe…)

Sikap yang paling disukai dari Virgo: ketelitiannya (titi teliti)

hmmm…selanjutnya, setelah mengetahui sejarah konstelasi, zodiak dan mitologi Yunani yang mengikutinya, pasti Kompasianers lain yang berbintang Virgo akan lebih bangga lagi dengan bintangnya ini..setidaknya menambah kepercayaan diri bolehlah yaaa…😉

Viva the Virgoers…! Bintang segala Bintang…

1296393973934379543

Sources:

– here and there about Virgo in internet

– pictures: mbah google

Triple V (VivaVivaVirgo...)

published in:

http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/01/30/virgo-bintang-segala-bintang/

http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/26/2365/virgo_bintangnya_bintang