12989518921706227034

 

Tuhanku yang Maha,

 

Buanglah daripadaku “rasa ingin tahu” yang berlebihan,

Berikan kepadaku dorongan

untuk menutup telingaku

terhadap gossip

dan untuk memberikan respons

kepada orang-orang

menurut apa yang kutahu benar.

 

Bebaskanlah aku dari pandangan yang buruk

ataupun berkata-kata negatif tentang orang lain.

Kekanglah lidahku ya Tuhan,

agar aku tidak sembarangan

dalam mengeluarkan perkataan,

namun dipikirkan dahulu.


Daripada menjadi pembawa berita buruk,

ubahlah aku menjadi seseorang

yang menjadi pembawa kabar baik.


Arahkanlah ucapanku pada apa yang benar,

yang mulia, yang adil, yang suci,

yang manis, yang sedap didengar,

yang disebut kebajikan dan patut dipuji.


Aku tidak lagi akan bergembira karena ketidakadilan,

tetapi karena kebenaran.

 

Di atas semuanya,

bumbui ucapanku dengan kasih sehingga

kata-kataku akan menjadi pohon kehidupan,

dan bukan alat untuk melukai hati.


Isilah aku dengan kasihMu sehingga

aku akan membangun orang-orang di sekitarku.

 

Hanya padaMu ya Allah,

diriku panjatkan doa sederhana ini,

Amin

1298951406497586588

 

 

published also in kompasiana:

http://fiksi.kompasiana.com/puisi/2011/03/01/doa-mengekang-lidah/