Pemimpin yg Melayani

Melihat situasi dan arah kepemimpinan yang ada di Indonesia pada khususnya, dan carut marut kepemimpinan saat ini. Saya merasa ada yang salah dengan model kepemimpinan yang berkembang di Negara kita.

Seandainya saya seorang pemimpin, apalagi pemimpin teratas dalam suatu komunitas atau negara, model kepemimpinan yang akan saya terapkan adalah menjadi Pemimpin yang Melayani bukan menjadi pemimpin yang minta dilayani. Mengapa? Karena rakyat memang minta untuk dilayani. Karena kebutuhan mereka. Adanya pemimpin adalah untuk melayani kebutuhan rakyatnya, bukannya dibalik.

Jika kita bisa menjadi pemimpin rakyat yang baik, sejauh mana kita bisa memimpin rakyat? Sejauh kita melayani dan menjadi hamba bagi rakyat, sejauh kita mau berkorban bagi rakyat, sejauh itu pula rakyat akan menganggap anda sebagai pemimpin. Tidak ada kunci yang lain.

Ketika rakyat mencemooh kita sebagai pemimpin, dimarahi rakyat, itu adalah hal yang lumrah, itu adalah kewajiban kita, karakter kita untuk dimarahi, dicemooh, karena kita adalah pelayan masyarakat, pelayan rakyat. Komitmen pemimpin yang melayani adalah untuk melayani rakyat, jika kita memang meletakkan diri menjadi pelayan rakyat, kita akan siap menerima segala macam cemoohan dan kemarahan, dan ini bukanlah hal yang mudah, namun itulah karakter pemimpin yang melayani, yang dimulai dari sikap hati yang ingin melayani.

melayani dengan hati

Salah satu ciri pemimpin yang melayani adalah mau mendengarkan dengan empati, mendengarkan bukan untuk menjawab melainkan mendengarkan untuk mengerti dan memahami lalu meresponnya dengan hati. Sedangkan yang selalu kita dengarkan saat ini, para pemimpin kita bukannya mendengarkan dengan empati, malah sebaliknya, dan akhirnya jawaban-jawaban yang keluar dari merekapun asal-asalan, terkesan arogan dan tidak mau disalahkan sama sekali.

create change agents

Ciri yang lain dari seorang pemimpin yang melayani, ia mampu menciptakan system pelayanan yang membuat rakyatnya menjadi change agent (Agen Perubah) untuk berjuang bersama bagi keberhasilan bersama dalam kelompok atau masyarakatnya.

 

Adakah orang-orang yang mempunyai ciri-ciri itu di sekitar kita? Pilih dia jadi pemimpin kita, niscaya kita tidak akan kecewa berat (seperti sekarang ini…oooooh…)

Silahkan tambahkan jika ada ciri-ciri lainnya untuk Indonesian most wanted Leaders🙂

Masa iya sih dari 200an juta orang di Negara kita, kita tidak bisa mendapatkan orang-orang dengan kepemimpinan yang melayani seperti itu?

 

‘inspired by a comdev training session in Kupang-NTT’

my servant leaders, where are you??