interupsiiii....

 

…’kekerasan mulai mempesona orang,
yang kuasa mulai menekan
yang marah mulai mengeluarkan senjata,
bajingan dilawan secara bajingan…
 
-Rendra
 
 

Ya ampun, saya sungguh terperangah pada saat menonton rapat paripurna DPR RI di Senayan dan melihat betapa memalukannya kelakuan para wakil rakyat kita yang sedang bersidang untuk memperjuangkan keadilan bagi rakyat Indonesia (katanya).

Untuk saya mereka mereka yang menjadi anggota Dewan itu tidak lagi layak disebut atau dipanggil ‘yang terhormat’ anggota Dewan. Bagaimana mereka layak untuk diberikan sebutan yang terhormat sementara untuk sesama mereka saja mereka tidak saling menghormati. Ya contohnya, orang masih bicara sudah teriak-teriak, dan tidak mau diam pada saat diminta dengan sopan untuk diam.

Mereka menyadari tidak sih kalau rapat mereka itu ditonton oleh sebagian besar (tidak juga bisa dibilang seluruh) rakyat Indonesia yang sedang harap-harap cemas untuk menentukan kepastian naik tidaknya harga BBM. Bayangkan, di tonton oleh rakyat Indonesia, dan kelakuan mereka benar-benar seperti orang-orang di pasar, teriak-teriak ngga jelas, ngga bisa di atur, disuruh diem ngga mau, ngoceh terus Pimpinan…Pimpinan…interupsi…Pimpinan…Interupsi...padahal sudah disuruh mingkem sama pimpinan sidang, sama teman-temannya juga supaya yang lain bicara dan dengarkan…ngga mempan juga.

Iiiih rasanya kalau saya di posisi jadi pimpinan rapat, saya pasti akan minta sama pak polisi yang sedang berjaga di luar masih ada gas air mata ngga? dan sama anak-anak mahasiswa masih ada sisa bom molotov ngga? untuk apa? untuk melempar bom molotov dan gas air mata itu pada para anggota DPR yang katanya terhormat itu.

Sungguh, aku gemas dibuat mereka.

Ya, apa bedanya mereka dengan para mahasiswa dan polisi yang saling adu kekuatan di luar Senayan? Sama-sama liar, tadi juga hampir kita lihat mereka sudah mengerubungi pimpinan sidang dan seakan-akan ingin mengeroyoknya..hiiiy di dalam dan diluar Senayan ternyata sama aja chaos-nya ya?

Ternyata bukan aku saja yang gemas, buktinya di Facebook dan Twitter, trending topic malam ini adalah “Interupsi Pimpinan” dan behave-nya para anggota Dewan yang norak dan rese itu.

Bagaimana para mahasiswa mau mencontoh yang baik dari orang-orang terhormat itu kalau mereka sendiri memberikan teladan yang seperti itu?

Jadi kasihan juga melihat Pimpinan Sidang dikerubutin dan di teriak-teriakin seperti itu. Sungguh, perlu ketabahan hati untuk menaklukan serigala-serigala seperti itu ya? hehehe…

liar di luar, liar di dalam

Ah tulisan saya ini cuma untuk sedikit curcol aja malam menjelang pagi ini, soalnya ya itu, gara-gara nonton TV melihat rapat mereka itu. Coba tadi tidur aja ya? ngga kesal begini deh.

Selamat malam teman dan tidak perlu di interupsi ya, karena rapat sudah selesai dengan tidak jelas juga hasilnya apa.

will u interrupt me?

 

 

 

ditulis juga disini